TYAS NASTITI

The Story of an Ethnic Explorer

Somewhere Eastern

Masih inget nggak sih jaman-jamannya Papua minta dibebaskan? sampai ribut di berbagai pemberitaan media? Bahkan saya berpikir, “Yaudah sih, mau bebas mah biarin bebas aja…. repot amat”. Serius saya pernah mikir gitu. Tapi, please, saya mau ralat. Saya nggak jadi pingin Papua bebas. Saya nggak mau. Pokoknya nggak mau.

Jadi ceritanya, 3 minggu lalu saya berkesempatan menginjak tanah Papua atas undangan PT Freeport Indonesia. Kesempatan langka ini nggak mau lah saya sia-sia-in. Meskipun ada juga beberapa suara sumbang seperti: “Di freeport lagi bahaya banget loh, banyak penembakan”, “Ngapain sih ke freeport, itu kan perusahaan yang ngeruk harta Indonesia”. Nah justru karena itu, saya ingin lihat dengan mata kepala sendiri. Emang bener ya seluruh pemberitaan media selama ini? atau hanya dramatisasi semata?.

Saya emang cuma berkunjung ke mining port nya PT Freeport di Timika dan Tembagapura sih, tapi dengan itu, saya cukup yakin untuk tidak memberi ijin Papua merdeka dari Indonesia. Kalau ada diantara kalian yang merasa sinis dan apatis dengan PT Freeport yg menurut kalian mereka mengeruk harta Indonesia, berarti harus ada tindakan yang nyata dong untuk tidak membiarkannya terus-terusan dikeruk. Kalau Papua bebas, gimana nasib rakyat Papua? gimana nasib resource Papua?. (lah, emang kamu mau berbuat apa, Yas?). Saya mau tetap bermimpi jadi pengusaha, mengumpulkan uang sebanyak mungkin, dan membeli seluruh saham PTFI. HAHAHAHAHA (dream is dream).

by the way, disana saya sempat foto-foto pakai Geulis by Klastik Shoes loh.

p.s: Makasih buat Rio Aditya, Herinda Pertiwi, dan kamera-kameranya yang sudah saya jadikan korban pengambilan foto-foto diatas. Juga buat seluruh teman-teman mawapres yang ikut dalam kegiatan mining trip (kalian benar-benar mahasiswa prestasi komedi). Untuk kakak-kakak LO yang mendampingi ketika di Timika dan Tembagapura, kalian hebat telah menjadi Tenaga Kerja Indonesia disana. Semoga anugerah yang diberikan Tuhan kepada Indonesia melalui Papua selalu menginspirasi kita semua untuk membentuk kesejahteraan dan kemandirian bagi nusa dan bangsa.

cheerio,

@tyasnastiti

Sunday, 23 - 09 - 2012